Jumat, 13 Juni 2014

CARA MEMBEDAKAN DAGING SAPI & CELENG

Ada beberapa perbedaan antara daging sapi dengan babi yang bisa diketahui oleh masyarakat.Cara membedakan daging Babi dengan daging Sapi yaitu :
1. Perbedaan Warna
warna
Daging babi memiliki warna yang lebih pucat dari daging sapi, warna daging babi seperti warna daging ayam. Namun perbedaan ini tidak dapat dijadikan pegangan, sebab warna daging babi oplosan biasanya dikamuflase dengan dilumuri darah sapi.Selain itu, ada bagian-bagian tertentu daging babi yang warnanya mirip sekali dengan daging sapi sehingga sangat sulit membedakannya.
2. Serat Daging
serat
Serat-serat daging Sapi terlihat padat dan garis-garis seratnya tampak jelas. Sedangkan daging babi serat-seratnya terlihat samar dan sangat renggang. Perbedaan semakin jelas jika kedua daging direnggangkan kemudian dibandingkan bersama.
3. Lemak
lemak
Tekstur lemak Daging babi lebih elastis sementara lemak sapi lebih kaku. Selain itu lemak babi sangat basah dan sulit dilepas dari dagingnya sedangkan lemak daging agak kering dan tampak berserat.
4. Tekstur
teksturDaging sapi memiliki tekstur yang lebih padat dan kaku dibanding dengan daging babi yang lembek.Ketika kita memegang sebenarnya sudah terasa perbedaan yang nyata antar keduanya karena terasa sekali daging babi sangat kenyal sementara daging sapi terasa keras sehingga cukup sulit diregangkan.
5. Aroma
aroma-makanan
Daging babi memiliki aroma khas tersendiri sementara aroma daging sapi adalah anyir.Walaupun warna telah dikamuflase dan dicampur antar keduanya,aroma kedua daging ini tetap dapat dibedakan. Namun bagi kebanyakan orang, hal ini masih sulit dilakukan karena kemampuan membedakan melalui aromanya ini membutuhkan latihan yang berulang-ulang sebab perbedaannya memang tidak terlalu signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar