Jumat, 27 Juni 2014

MANFAAT BUAH-BUAHAN BAGI TUBUH

  1. Buah ceremai yang memiliki nama ilmiah Phyllanthus acidus, merupakan tanaman buah berbentuk pohon kecil yang tingginya bisa mencapai 10 meter kadang lebih. Pohon ini dapat tumbuh pada tanah ringan sampai berat, dan tahan terhadap kekurangan atau kelebihan air. Biasanya ceremai banyak ditanam orang di halaman rumah atau di ladang. Ceremai dapat dimakan segar dengan dicampur gula, garam atau dirujak. Ceremai juga kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat minuman penyegar. Daun mudanya dapat digunakan sebagai lalap. Ceremai juga memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti, batuk berdahak, mual, kanker, sariawan, menguruskan badan, asma, sembelit, sakit kulit, mual akibat perut kotar.
    Bagian yang digunakan untuk pengobatan:
    • Daun; digunakan untuk mengobati batuk berdahak, mual, kanker, sariawan dan menguruskan badan.
    • Kulit akar; asma dan sakit kulit.
    • Biji; sembelit dan mual akibat perut kotor.
    Beberapa cara penggunaan ceremai untuk pengobatan:
    Sembelit
    Siapkan biji ceremai sebanyak 3/4 sendok teh, dicuci lalu digiling sampai halus. Seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Sewaktu masih hangat tambahkan 1 sendok makan madu, aduk smapai merata kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.
    Siapkan daun ceremai segar sebanyak 3 gram, dicuci lalu ditumbuk jalus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu didinginkan. hasil seduhan diminum sekaligus bersama ampasnya.
    Asma
    Ambil 6 biji buah ceremai, bawang merah 2 butir, akar kara (Dolichos lablab) 1/4 genggam, 8 butir buah lengkeng, dicuci lalu ditumbuk seperlunya. Bahan-bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisah 1 1/2 gelas. setelah dingin disaring, lalu diminum dengan air gula secukupnya. Sehati 2 kali, masing-masing 3/4 gelas.
    Kanker
    Siapkan daun ceremai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam, daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gulau enau 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 3/4 bagian. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing cukup 3/4 gelas.
    Melangsingkan badan
    Minum air rebusan daun ceremai. Obat ini bekerja kuat, jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu lama karena efek dari kandungan daun ceremai bekerja sangat kuat. Gunakan sesekali saja.
    0 

    Tambahkan komentar


  2. Buah dan sayuran sudah dari dulu diketahui mengandung banyak zat dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh kita, sehingga, penggunaan bahan-bahan herbal dipercaya mampu menjadi alternatif pengobatan tubuh secara medis dengan biaya yang lebih terjangkau karena bahannya dapat dengan mudah ditemui di sekitar kita. Berikut ini manfaat dan khasiat buah dan sayuran terbaru bagi tubuh, termasuk untuk sekedar menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh, maupun juga untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit yang sedang mengganggu. 
     1. Khasiat Buah Alpukat
     
    Alpukat termasuk buah yang istimewa karena mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kandungan lemak ini dapat memberikan energi yang cukup ketika dikonsumsi. Jenis lemak yang dikandungnya adalah lemak tak jenuh, yang kebetulan mudah dicerna dan berguna bagi tubuh. Dengan demikian, alpukat menyedikan energi yang cukup tinggi dibalik rasanya yang gurih dan lezat serta tidak pahit.
    Jika dipilah, kandungan nutrisi yang dikandung satu buah alpukat adalah sebagai berikut: 95 mg fosfor; 23 mg kalsium; 1,4 mg zat  besi; 9 mg sodium; 1,3 mg potasium; 8,6 mg niacin; 660 mg vitamin A; dan 82 mg vitamin C.
    Selain kaya lemak, buah alpukat juga kaya akan mineral yang kesemuanya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalamnya membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia. Juga, kandungan serat secara simultan membantu proses pencernaan. Selain itu, ia dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh.
    Jika disimpulkan, berikut ini khasiat buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita:
    • Sumber vitamin E dan B
    • Menurunkan kolesterol darah
    • Melembabkan kulit
    • Membantu regenerasi darah merah
    • Mencegah anemia
    • Mencegah konstipasi
    • Mencegah malnutrisi
    • Sumber kandungan lemak tak jenuh
    Beberapa macam penyakit yang dapat diobati:
    • Sariawan. Caranya, makan buah alpukat yang telah masak 2 kali sehari sebanyak masing-masing 2 buah.
    • Kanker kulit. Caranya, makanlah buah alpukat paling tidak sehari sekali sebanyak 1 buah hingga sembuh.
    • Tekanan darah tinggi. Caranya, ambil daun alpukat yang masih muda, kemudian cuci bersih. Seduh dengan air panas, lalu biarkan dingin. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari sebanyak masing-masing 1 gel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar